-->

Resep Sambal Terasi Ulek, Sajian Pedas Nikmat untuk Seluruh Keluarga

Resep sambal terasi ulek

 
 
Sambal terasi ulek menjadi salah satu sambal yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Sambal ini terkenal karena rasa pedasnya yang khas dan aroma harum terasi yang menggugah selera.
 
Terasi sendiri merupakan bahan utama dari sambal terasi ulek yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini akan dibahas mengenai kandungan gizi terasi, jenis-jenis sambal terasi, dan resep sambal terasi goreng ulek yang mudah untuk dibuat.
 

Kandungan Gizi Terasi 

Terasi dibuat dari bahan utama dari udang atau ikan yang difermentasi. Kebanyakan emak-emak menjadikan terasa sebagai bahan penyedap pada masakan atau sayuran. Terasi mengandung protein, vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan. 
 
Terasi juga mengandung asam amino, yaitu asam glutamat yang dapat memberikan rasa umami pada masakan. Kandungan nutrisi terasi ini sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan otak. Namun, terasi juga memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga harus dikonsumsi dengan bijak.
 

Jenis-jenis Sambal Terasi 

Sambal terasi memiliki beberapa jenis yang bervariasi dari daerah ke daerah di Indonesia. Beberapa jenis sambal terasi yang terkenal di Indonesia antara lain sambal terasi ulek, sambal terasi matang, sambal terasi goreng dan sambal terasi mentah. 
 
Sambal terasi ulek merupakan sambal terasi yang dibuat dengan cara diulek atau dihaluskan bersama bahan-bahan lainnya. Sambal terasi matang dibuat dengan cara mencampurkan terasi yang sudah matang dengan bahan-bahan lainnya dan dimasak hingga matang. 
 
Sambal terasi goreng dibuat dengan cara menggoreng terasi dengan bahan-bahan lainnya. Sedangkan sambal terasi mentah dibuat dengan cara mencampurkan terasi mentah dengan bahan-bahan lainnya dan tidak perlu dimasak.
 

Resep Sambal Terasi Ulek Goreng 

Sambal terasi ulek goreng merupakan salah satu jenis sambal terasi yang cukup populer di Indonesia. Sambal ini memiliki rasa yang khas dan aroma yang sangat menggugah selera. 

Berikut ini adalah resep sambal terasi goreng yang mudah dan praktis untuk dibuat di rumah.

Bahan-bahan:

  • 8 siung bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 2 buah tomat merah 
  • 6 buah cabai merah 
  • 5 buah cabai rawit 
  • 30 gr gula Jawa 
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  •  1/2 sdt garam 
  • 20 gr terasi atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Goreng sebentar cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih dan tomat hingga agak layu.
  2. Goreng terasi dengan sedikit minyak hingga harum dan kering.
  3. Campurkan semua bahan, kemudian ulek. hingga semua bahan bercampur
  4. Kalau sambal inigin tahan lama, goreng sambal hingga tercium bau harum.
Sambal terasi ulek goreng siap disajikan sebagai sambal pelengkap pada berbagai jenis masakan. Makan ditemani sambal terasi, lalapan, jengkol /pete dan ikan asin terasi lebih nikmat dibandingkan makan dengan menu daging he..he...
 
Tspi ini berlaku bagi mereka yang doyan sama terasi. Buat temen-teman yang tidak suka terasi, tentunya sambal terasi tidak menambah selera makan, justru malah sebaliknya.
 
Penutup, sambal terasi ulek merupakan salah satu jenis sambal yang populer di Indonesia. Terasi, merupakan bahan utama dari sambal terasi ulek dan ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. 
 
Resep sambal terasi ulek goreng yang mudah dan praktis di atas dapat dicoba di rumah sebagai pelengkap pada berbagai jenis masakan. Namun, konsumsilah terasi dengan bijak karena terasi memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Selamat mencoba!
LihatTutupKomentar