-->

Resep Pepes Oncom Khas Sunda Daun Kemangi Enak Pedas

 
Resep pepes oncom lezat khas sunda
Pais Oncom

 
Resep pepes oncom identik dengan masakan khas Sunda. Pais oncom orang Sunda menyebutnya. Biasa disajikan hangat-hangat saat makan. 
 
Resep Oncom pepes dibuat dari bahan-bahan yang cukup mudah dijumpai. Dengan bahan utama Oncom yang sangat mudah diperoleh dengan harga merakyat.
 
Sebelum lanjut, cara bagaiimana membuat pepes oncom kemanggi yang enak pedas. Sedikit kita tambah wawasan dulu dengan mengenal lebih jauh tentang Oncom.
 
 

Sekilas Tentang Oncom

Oncom merupakan makanan yang dibuat dari hasil permentasi seperti layaknya Tempe. Makanan khas Jawa Barat ini diperkirakan sudah dikenal sejak abad ke-17.

Biasa dibuat dari permentasi sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kelapa dan ampas kedelai. Metode permentasi yang khas dilakukan terhadap bahan-bahan tadi hingga terbetuk spora.

Asal usul nama Oncom sendiri hingga kini belum diketahui. Meskipun sejarah mencatat berdasarkan bahan-bahan penelitian ahli botani atau ahli gizi Belanda, oncom sudah dijadikan makanan sejak dahulu kala.

Jenis-jenis Oncom

Berdasarkan warna Oncom secara garis besar terdiri dari 2 jenis yaitu Oncom Merah dan Oncom Hitam. Warna pada Oncom dipengaruhi oleh bahan baku untuk pembuatannya.

Oncom Merah biasanya terbuat dari dari bungkil tahu, atau kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu.

Sedangkan oncom hitam biasanya dibuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur dengan ampas singkong. Populer di daerah Bandung, Tasikmalaya dan Garut.

Sedangkan Oncom Merah biasanya banyak dijumpai di daerah Bogor, Karawang hingga Jakarta. Dari rasa dan tekstur Oncom juga dipengaruhi dari asal bahan baku.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Oncom

Jangan minder dan rendah diri kalau anda makan Oncom. Makanan murah ini ternyata cukup bergizi dan kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.
 
Dikutip dari hellosehat.com, secara umum berikut zat gizi yang bisa Anda temukan dalam 100 gram oncom (kira-kira sebesar satu balok sedang).
  • Energi (Kalori): 187 kkal
  • Protein: 13 gram
  • Lemak: 6 gram
  • Karbohidrat: 22,6 gram
  • Tiamin (Vitamin B1): 0,1 miligram
  • Niasin (Vitamin B3): 1,6 miligram
  • Kalsium: 96 miligram
  • Fosfor: 115 miligram
  • Zat besi: 27 miligram

 Oncom juga mengandung senyawa antioxidan, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.Untuk keksehatan pencernaan Oncom juga bagus karena mengandung probiotik.

Resep Dan Cara Membuat Pepes Oncom Pedas


bungkil tahu, atau kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Oncom Khas Jawa Barat, Olahan Sisa Bahan Makanan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/09/122000475/sejarah-oncom-khas-jawa-barat-olahan-sisa-bahan-makanan?page=all.
Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
LihatTutupKomentar