-->

Yuk Ah Karedok Leunca Heula Supaya Seger

Resep sunda karedok leunca spesial seger

 
 
 
Bingung rek masak apa hari ini, pingin makan yang seger-seger biar cenghar modal minimalis? cobain resep sunda, murah meriah dijamin nikmat pisan. Karedok leunca, resep masakan sunda dengan bahan utama Leunca.

Sudah tahu dong apa itu leunca. sejenis sayuran buah, urang sunda mah biasa makan leunca untuk lalapan temen nasi. Di coel sama sambel, bikin makan tambah nikmat.

Sedikit Tentang Leunca

Namanya Leunca kalau dalam bahasa Sunda. Dalam bahasa Jawa disebut Ranti, lain lagi kalau di Maluku orang sana menyebutnya Bobosa.
 
Nama latin leunca adalah Solanum Nigrum L, dan digolongkan dalam keluarga solanaceae (labu-labuan). Di manca negara Leunca selain dipergunakan untuk sayuran juga dipercaya memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan.
 
Di beberapa belahan dunia, secara tradisional, leunca dipergunakan untuk obat. Di Meksiko misalnya orang sana sering mempergunakan Leunca untuk obat pusing di Meksiko. 
 
Di  Tiongkok, digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, juga sebagai anti diare. Orang-orang India, malah menggunakan Leunca untuk menyembuhkan penyakit anjing gila. 
 
Beberapa studi ilmiah menghasilkan penelitan bahwa, leunca memiliki aktivitas anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen anti neoplastik serta memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal. 
 
Leunca biar mungil tapi kaya akan manfaat, dapat dipergunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti herpes, borok dan masih banyak lagi. 
 
Khasiat lainnya, leunca juga bisa menjadi obat kanker yang alami dan mujarab karena lalap leunca mengandung senyawa solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine.

Resep Karedok Leunca Dijamin Seger

 
Resep Karedok Leunca sangat minimalis biaya, cocok pisan buat diakhir bulan bun. Tapi, meskipun demikian soal rasa jangan ditanya, bisa bikin makan tambah nikmat.
 

Bahan-bahan Karedok Leunca
  • Bahan utama Leunca secukupnya
  • Daun Kemangi atau Daun Surawung (sunda) sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya sesuai selera
  • 1 Siung bawang putih atau sesuai selera
  • 1/2 ruas Kencur atau Cikur (sunda)
  • Cabe rawit sesuai dengan selera
  • Kalau suka terasi tambah terasi sedikit
 
Cara Membuat Karedok Leunca

Meracik atau membuat Karedok Luenca cukup mudah. Kebangetan kalau tidak bisa membuatnya. Tinggal ulek-ulek langsung beres. Berikut cara membuatnya:
 
Ulek bumbu hingga bercampur dengan baik, tapi jangan terlalu halus. Baru kemudian masukan Leunca dalam ulekan. 

Bahan utama Leunca ada yang menggunakan Leunca segar atau bisa juga Leunca digoreng sebentar. Baru kemudian Leunca di ulek dicampur dengan bumbu.
 
 


LihatTutupKomentar