-->

Kyai Cholil:Doa Agar Bisa Segera Pergi Naik Haji

 Daftar tunggu keberangkatan jemaah haji di Indonesia kini cukup lama, ada yang sampai 13 tahunan. Kuota yang terbatas dan efek covid semakain menambah waktu tunggu keberangkatan naik haji. Pergi naik haji merupkan impian semua muslim.
 
Menunaikan ibadah haji diwajibkan bagi orang yang sudah mampu baik itu materi atau pun fisik. Tapi kini meskipun sudah melunasi biaya haji tidak bisa langsung berangkat, harus menunggu didaftar tunggu keberangkat haji, karena hal-hal diatas tadi. Klik disini untuk cek estimasi keberangkatan haji
 

Syarat-syarat Wajib Haji 

Berikut ini syarat-syarat melakukan ibadasuh haji sebagai berikut:
1. Islam
2. Baligh
3. Berakal
4. Merdeka
5. Memiliki bekal dan ketersediaan kendaraan
6. Masuk waktu haji
7. Fasilitas jalan yang kondusif
8. Jarak terjangkau yang memungkinkan ditempuh 

Namun, sebagai umat muslim kita jangan sampai putus asa karena lama menunggu antrian keberangkatan ibadah haji yang lamanya hingga belasan tahun. 

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI KH Muhammad Cholil Nafis, menganjurkan untuk mengamalkan doa nabi Ibrohim, jika seseorang ingin segera pergi berangkat naik haji.

Doa yang dahulu dibaca nabi Ibrohim ini ada didalam Al-quran surat Al-baqarah ayat 127-128.
 
al-baqarah 127
Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), "Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui".
 
al-baqarah 128
Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang berserah diri kepada-Mu, (jadikanlah) dari keturunan kami umat yang berserah diri kepada-Mu, tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan manasik (rangkaian ibadah) haji, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.
 
Kyai Cholil juga menganjurkan agar selalu mengerjakan amal soleh seperti banyak membaca istighfar, membaca sholawat dan lain-lain.
 
Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita semua agar bisa menunaikan ibadah haji ke Baitullah, Aamiin...
 
 




LihatTutupKomentar